XCH Steven's Journal

Have Dream Will Travel~

Salah Satu Penyebab USB Mouse tidak berfungsi

Nah, seperti yang anda ketahui mouse adalah sebuah pointer device yang digunakan untuk mengoperasikan dan berinteraksi dengan komputer. Apa jadinya jika suatu mouse mengalami malfungsi? Tentunya kembali menggunakan OS MS-Dos atau Linux Terminal-based janganlah sampai dijadikan pilihan, nah berikut ada beberapa penyebab umum (terlalu umum sampai terkesan tolol kayaknya) dan khusus (semoga berguna :D) :

1. Kabel USB mouse tidak terhubung dengan komputer, sampai gila juga gak bakalan gerak tuh pointer di layar hahaha, eniwei selain itu pastikan sudah terhubung dan jika masih tidak berfungsi cobalah pada komputer tetangga apakah terjadi sindrom yang sama? jika ia segera tinggalkan blog ini dan perbaiki mouse tersebut karena kerusakan hampir 99% kemungkinan berasal dari hardware. Jika di komputer tetangga berjalan dengan baik segera banting monitor tetangga... (kerusakan jangan menuntut ke gw y :D)

2. Apakah driver mouse tersebut telah terinstalasi dengan baik? pastikan dengan melihat ke Control Panel -> Device Manager -> Mice and other pointing devices temukan USB Mouse di sana, jika tidak ada maka sebaiknya anda melakukan pencarian unknown device pada submenu others jika anda dapat menemukannya silahkan anda meng-emulasikan klik kanan (ntah menggunakan touchpad / symbol yg biasanya di sebelah kanan alt pada keyboard) unknown device pilih properties dan klik update drivers lalu jika dia mencari sourcenya browse lah ke C:\Windows\winsxs (segala sesuatu kesalahan baik yang disengaja maupun tidak yang berhubungan dengan USB composite device driver dapat diperbaiki dengan melakukan instalasi driver yang terdapat pada folder ini) dan tunggu hingga diminta konfirmasi dan pilih ok maka semua akan baik - baik saja dan anda akan diminta melakukan restart komputer dan restartlah lalu harap - harap cemas apakah USB mouse anda akan dapat berjalan kembali... (pada kasus saya sukses :D)

Cara - cara di atas dapat dicoba dan saya pastikan aman tentunya, oh iya sebagai pengalaman pribadi saya, saya menggunakan mouse gaming Logitech G9 (USB), kemudian mencoba memasang sebuah WebCam UVC (USB), karena webcam tersebut bermasalah saya ingin coba memperbaikinya dengan sok-expert membuka device manager dan melakukan UNINSTALL sebuah driver USB COMPOSITE DEVICES dimana memang benar USB COMPOSITE DEVICES salah satunya adalah webcam saya yang bermasalah ini, namun bodohnya karena ada banyak saya dengan random menguninstall salah satunya, *poof* mouse saya berhenti bergerak... Dengan bermodalkan keyboard saja saya mencoba mencari referensi mengenai hal ini dan DAMN tidak ketemu kasus seperti ini, tapi berkat referensi yang bisa dibilang berbeda penyebab namun ternyata solusinya dapat digunakan.

Enjoy :D Semoga tips ini membantu anda yang bodoh "pintar" seperti saya XD

9 komentar:

bang gimana mau klik kanan udh tau mousenya gk berfungsi

 

bang gimana mau klik kanan udh tau mousenya gk berfungsi

 

Klo masalah ane tuh.mouse tiba"kedip kedip dan dan mouse du cursoenya ga bsa di gerakin.itu berawal dari cmptr ane tiba2 ngehank kluar layar kya restart awal dan ada kata bios.nah stlh ane cbt pasg ram,vga kmbli nrmal.tp ya mouse jd ngaco itu knp ya.mnta infonya nya knp mslhnya.

 

untung ane pakek laptop gan
jadi enak udah ada touch pad dibawah keyboard

 

makasih agan steven solusi nomor 2 menyelesaikan msalah mouese saya yg tidak terbaca ,, makasih mas .. kunjungi juga blog ane ya http://reikoarihyoshi.blogspot.com/

 

cari uknown devicenya gimana ya

 

Klik kanan pake keyboard bsa pke kombinasi shift+f10

 

Terimakasih Postingannya, saya sdh berhasil instal driver yang hilang.

 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 

Posting Komentar